Album Foto

Wednesday 25 April 2012

Manfaat Pembuatan Biogas

Seperti yang sudah saya tulis dalam artikel sebelum tentang biogas sebagai energi alternatif, maka untuk artikel kali ini masih melanjutkan tentang biogas dan manfaatnya. membuat biodegester selain mendapatkan gas gratis kita juga dapat manfaat yang lain yaitu pupuk Organik.

Pupuk Organik


Membangun biodigester tidak hanya berfungsi sebagai bangunan yang dapat menghasilkan gas, tetapi juga berfungsi sebagai pabrik pupuk. Pupuk yang dihasilkan dari sisa fermentasi ini sangat baik untuk sayur-sayuran, tanaman hortikultura, maupun tanaman yang berbatang keras. 
Pupuk ini dapat digolongkan menjadi dua jenis pupuk : 
    1.  Pupuk padat  : diperoleh setelah melakukan penyaringan ampas biogas atau dengan cara diletakkan di atas tanah, dimana tanah tersebut akan menyerap cairan yang ada di dalam ampas tersebut.
    2. Pupuk Cair :diperoleh dari hasil penyaringan biogas

Pupuk organic ini mengandung unsure N, P, dan K, sehingga sangat baik untuk tanaman. Unsure yang terkandung dalam pupuk organic ini diketahui setelah melakukan uji laboratorium kerjasama dengan pemerintah dan perguruan tinggi.

Membuat biodigester atau reactor biogas sama dengan membuat sebuah pabrik dirumah masing-masing. Pabrik yang dmaksud adalah :
 1. Pabrik Gas. Selama melakukan pengisian dan perawatan bangunan serta aksesorisnya, selama itu pula mendapatkan gas gratis baik untuk memasak maupun lampu (sepanjang masa). 
2. Pabrik Pupuk. Ampas biogas ini bila ditangani secara professional maka akan mendatangkan pendapatan (income) keluarga dengan cara menjualnya, karena ampas biogas ini merupakan pupukorganic yang sangat baik untuk tanaman.

Untuk itu, agar mendapatkan hasil yang optimal, kegiatan ini harus dilakukan oleh lembaga yang sudah mempunyai pengalaman dalam pembuatan biodigester dan dikerjakan oleh tukang yang profesional.  Karena bila terjadi kebocoran pada kubah yang merupakan penampung gas meskipun sekecil rambut, maka gas akan keluar melalui celah tersebut.   

2 comments: