Album Foto

Monday 9 April 2012

Flying Fox: Menjadi Lebih Besar dari Rasa Takut

Meskipun rasa takut adalah hal yang manusiawi dan tidak sepenuhnya buruk adanya, namun hidup dalam kendali rasa takut adalah keburukan dan kecelakaan. Mengatasi rasa takut atau menjadi lebih besar dari rasa takut kita adalah salah satu upaya yang penting untuk kita lakukan. Banyak sarana dan media yang dapat kita manfaatkan untuk melatih diri menjadi lebih besar dari rasa takut kita; satu diantaranya adalah Flying Fox.

Losing control atau keadaan yang tidak sepenuhnya dalam kendali kita sering kali menjadi sebab dari munculnya rasa takut. Berada dalam kegelapan adalah salah satu contoh sederhananya. Kita merasa takut ketika berada dalam kegelapan adalah lantaran kita dihadapakan pada situasi dimana mata sebagai salah satu alat kontrol kita kehilangan atau terbatasi fungsinya. Dengan demikian otak kita kemudian bekerja dalam penuh dugaan-dugaan yang tidak pasti dan dipenuhi oleh prediksi-prediksi tentang kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Dalam keadaan demikian ini rasa takut sangat mungkin untuk mengambil alih kendali atas diri kita dan menjadi lebih besar dari diri kita. Dan jika diri kita sepenuhnya ada dalam kendali rasa takut, kita akan kehilangan rasionalitas kita, menjadi panik dan mengambil respon dan tindakan yang tidak terukur. Keadaan yang demikian tentu berbahaya bagi kita.

Flying fox menawarkan kita untuk berhadapan dengan rasa takut kita secara langsung. Kita dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita untuk tetap tenang, terkendali, rasional dan tetap menjadi lebih besar dari rasa takut kita sendiri meskipun sebagaian besar dari kontrol kita atas diri kita sendiri tidak lagi bertumpu pada kita, melainkan pada seutas tali dan sistem flying fox. Di sini kita dapat belajar untuk merelakan diri kita dan merelakan sebagian kontrol kita terlepas dari diri kita. Kita belajar untuk tetap bersandar kepada analisa bijak kita dan ukuran-ukuran rasional kita yang dapat menjaga kita untuk tetap dapat merasa aman. Analisa bijak dan ukuran-ukuran rasional kita dapat lakukan dalam situasi ini diantaranya: "bahwa sistem flying fox yang kita berada padanya adalah dirancang oleh para profesional, dengan alat-alat yang berkualitas tinggi, serta dirancang secara cermat dan teliti untuk memastikan diri kita baik-baik saja dan aman". Jadi nikmatilah dan jadilah lebih besar dari rasa takut..!

No comments:

Post a Comment