Album Foto

Sabtu, 05 Mei 2012

Acara Outbound SD Dian Bangsa



Tanggal 4 Mei 2012 dari pagi sampai dengan sore di Citra Alam kedatangan kunjungan dari SD Dian Bangsa untuk mengadakan Acara Outbound. Jumlah peserta yang mengikuti acara outbound 88 peserta belum lagi ditambah dengan guru-guru pendamping 18 guru dan orang tua murid sekitar 61, wah lumayan banyak dan penuh.. Sampai ditempat parkiran kira-kira jam 09.30 peserta langsung menuju lokasi. Begitu sampai di Citra Alam anak-anak, guru dan orang tua murid terlihat sangat gembira dan senang apalagi didukung dengan cuaca yang cerah, begitu sampai anak-anak langsung berlarian, ada yang ke air, ada juga yang foto-foto bersama dengan orang tuanya



 Acara outboundnya dimulai jam 10.00 dibuka dengan acara perkenalan dilanjutkan dengan acara membuat yel-yel tiap kelompok. Yel-yel yang dibuat anak-anak lucu-lucu banget ada yang mencontoh salah satu girlband Indonesia. Mungkin saking ngefansnya sampai dibuat yel-yel. setelah itu dilanjutkan dengan masuk ke permainan. Permainan pertama yang dimainkan di namakan permainan Tictanic. setiap anggota kelompok  harus masuk kedalam area yang sudah kita sediakan tidak boleh keluar dari area. Apabila keluar akan dianggap kalah. wah seru banget deh sampai ada yang terjatuh segala. yang lebih lucu lagi ada orang tua murid yang memayungi anaknya sambil mendorong anaknya agar tidak sampai jatuh, tapi anaknya tetap aja jatuh juga (hehehe.....saking cintanya ama anak biar gak item kulitnya mungkin).


 Setalah permainan Tictanic selesai masuk ke permaianan selanjutnya yaitu permaian Buldozer, setiap anggota kelompok harus berada didalam terpal yang menyerupai ban tank (buldozer) jadi anggota kelompok berjalan didalam terpal tersebut. Wah seru juga sampai gurunya pun pengen ikut main dan bertanding dengan anak muridnya.guru pun sampai jatuh bangun supaya jangan sampai kalah dengan muridnya, tapi sayangnya gurunya kalah dengan anak muridnya ( yah gimana sich pak/ibu guru kok bisa sampai kalah dengan anak didiknya.....hehehe..).


Setelah selesai dengan permainan anak-anak disuruh istirahat karena sudah memasuki makan siang sebelum makan siang ada acara foto bareng tiap kelas, wah bisa jadi kenang-kenangan yang tak terlupakan tuh, foto bareng dialam terbuka dengan backgroundnya pemandangan gunung.
Sehabis foto-foto bareng anak-anak diajak makan bareng dengan makanan yang telah disiapkan oleh pihak Citra Alam dengan menu makanan yang telah diminta oleh pihak sekolah. bukan hanya muridnya saja yang disiapkan tapi orang tua murid dan guru-guru  juga ikut disiapkan jadi makan bareng deh.

Setelah selesai istirahat dan makan siang games dilanjutkan dengan bermain Rafting (Arung Jeram) Donuts dan flying fox. Wah seru banget deh sampai gurunya pun ikut mencoba peermainan flying foxnya, ada guru yang ketakutan naik flying fox ada juga yang berani tapi minta naiknya berdua ( lucu juga kaya anak kecil sampai teriak-teriak segala lagi.....hehehehe... masa kalh sich Bu sama anak muridnya..), selesai semau permainan waktunya untuk kembali kesekolah. Mudah-mudahan ini menjadi kenang-kenangan terindah buat semuanya. Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kedatangan sekolah SD Dian Bangsa berikutnya.

Kamis, 03 Mei 2012

Obeservasi yang mendorong Kreatifitas

Untuk Mendorong Kreatifitas bagi anak-anak sangat menguras tenaga dan pikiran apabila orang tua tidak mengetahui caranya, Gaya hidup pasif dan kehidupan yang penuh kesibukan menjadi halangan dan keprihatinan orang tua terhadap perkembangan fisik dan mental anak. Karenanya, anak lebih banyak terjebak dalam kehidupan pasif seperti game elektronik sehingga sulit mengembangkan kreativitas mereka.

Sering kita menemukan seorang  anak  yang terlihat malas  di kelas atau memiliki nilai sekolah yang tidak terlalu  baik. Namun ada kalanya mereka bisa  mendapatkan nilai yang   melebihi teman-teman mereka satu  kelas, atau  memiliki sesuatu  kemampuan yang  tidak kita duga  dan tidak bisa  dilakukan oleh  anak-anak yang lain. Jadi bila anda menemukan seorang  anak  atau bahkan mungkin buah hati kita sendiri terlihat   “kurang pandai” jangan berkecil hati. Mungkin saja dia adalah  anak  yang  kreatif dan cerdas,  namun belum  terlatih  / terasah  dengan baik. Saya  percaya,  semua anak memiliki bakat  untuk menjadi  anak yang cerdas  dan kreatif.  Lalu bagaimana untuk bisa  melatih anak  agar bisa  menjadi  anak  yang cerdas dan kreatif?

Salah satu cara untuk meningkatkan kreatifitas anak adalah dengan cara anak diajak untuk berobservasi, yaitu :
  • Melihat
  • Mendengar
  • Merasakan
  • Mencontoh
  • Melakukan
  • Memodifikasi
  • Menyempurnakan
Itulah tahapan-tahapan yang diperlukan dalam Observasi sehingga timbulah kreatifitas pada anak. banyak tempat-tempat wisata yang baik bagi anak untuk melakukan obeservasi. Salah satu di CITRA ALAM ini kami mengajak anak-anak melakukan observasi bagaiman cara membuat gerabah keramik dari tanah liat dan bagaimana cara membuat batik.

Rabu, 25 April 2012

Manfaat Pembuatan Biogas

Seperti yang sudah saya tulis dalam artikel sebelum tentang biogas sebagai energi alternatif, maka untuk artikel kali ini masih melanjutkan tentang biogas dan manfaatnya. membuat biodegester selain mendapatkan gas gratis kita juga dapat manfaat yang lain yaitu pupuk Organik.

Pupuk Organik


Membangun biodigester tidak hanya berfungsi sebagai bangunan yang dapat menghasilkan gas, tetapi juga berfungsi sebagai pabrik pupuk. Pupuk yang dihasilkan dari sisa fermentasi ini sangat baik untuk sayur-sayuran, tanaman hortikultura, maupun tanaman yang berbatang keras. 
Pupuk ini dapat digolongkan menjadi dua jenis pupuk : 
    1.  Pupuk padat  : diperoleh setelah melakukan penyaringan ampas biogas atau dengan cara diletakkan di atas tanah, dimana tanah tersebut akan menyerap cairan yang ada di dalam ampas tersebut.
    2. Pupuk Cair :diperoleh dari hasil penyaringan biogas

Pupuk organic ini mengandung unsure N, P, dan K, sehingga sangat baik untuk tanaman. Unsure yang terkandung dalam pupuk organic ini diketahui setelah melakukan uji laboratorium kerjasama dengan pemerintah dan perguruan tinggi.

Membuat biodigester atau reactor biogas sama dengan membuat sebuah pabrik dirumah masing-masing. Pabrik yang dmaksud adalah :
 1. Pabrik Gas. Selama melakukan pengisian dan perawatan bangunan serta aksesorisnya, selama itu pula mendapatkan gas gratis baik untuk memasak maupun lampu (sepanjang masa). 
2. Pabrik Pupuk. Ampas biogas ini bila ditangani secara professional maka akan mendatangkan pendapatan (income) keluarga dengan cara menjualnya, karena ampas biogas ini merupakan pupukorganic yang sangat baik untuk tanaman.

Untuk itu, agar mendapatkan hasil yang optimal, kegiatan ini harus dilakukan oleh lembaga yang sudah mempunyai pengalaman dalam pembuatan biodigester dan dikerjakan oleh tukang yang profesional.  Karena bila terjadi kebocoran pada kubah yang merupakan penampung gas meskipun sekecil rambut, maka gas akan keluar melalui celah tersebut.   

Senin, 23 April 2012

Biogas Energi Alternatif

Kotoran ternak (sapi, babi, kerbau, kambing, ayam dll) selama ini kurang diperhatikan oleh sebagian besar masyarkat, khususnya masyarakat peternak. Kotoran tersebut biasanya dibuang begitu saja tanpa memperhatikan dampak lingkungan sekitar dan sungai adalah tempat paling strategis dijadikan tempat pembuangan limbah tersebut, karena dengan membuang kotoran disungai peternak tidak lagi melihat dan merasakan bau menyengat yang ditimbulkan oleh kotoran tersebut. Tidak ada perasaan bersalah yang terpikirkan olehnya dan apa yang dilakukan itu merupakan hal biasa dan wajar.

Betulkah demikian......?

Masyarakat yang berada disekitar aliran sungai yang dijadikan tempat pembuangan kotoran pasti merasa sangat terganggu karena bisa menimbulkan penyakit. Dan bila kotoran ternak itu tidak dibuang ke sungai, biasanya peternak akan menimbunnya pada sebagian lahan kosong yang berada disekitar rumahnya. Hari demi hari, minggu demi minggu bahkan berbulan-bulan kotoron terus ditumpuk hingga mengunung. Aroma tidak sedap mulai menusuk penciuman masyarakat sekitar, lalat dan jentik mulai bermunculan. Lebih-lebih saat musim hujan seringnya terjadi perselisihan, hal ini biasanya disebabkan oleh limbah ternak yang mengalir kemana-mana mencemari lingkungan masyarkat sekitar.

Olah Limbah ternak

agar terhidar dari kondisi diatas, langkah alaternative yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan pembuatan media pengolah limbah, atau sering disebut reactor biogas.

Apa itu Reactor Biogas?

adalah suatu wadah yang dibangun untuk mengolah kotoran/limbah ternak. kotoran ternak dimasukan kedalam tabung reactor ( digester) akan menghasilkan gas metana. Gas yang dihasilkan oleh biodigester ini berasal dari fermentasi yang terjadi setelah dilakukan pencampuran antara kotoran ternak dengan air dalam ruang hampa udara. Gas ini kemudian dialirkan kedapur untuk memasak (kompor biogas). Gas Metana yang dihasilkan ini tidak berbahaya bagi pengguna karena bertekanan rendah tidak seperti LPG yang mempunyai tekan tinggi dan sangat beresiko bagi keselamatan pengguna. selain di jadikan kompor gas metan yang dihasilkan dari fermentasi ini, juga dapat dimanfaatkan sebagi lampu biogas. Lampu ini cukup terang dan dapat dijadikan lampu alternatif saat mati lampu atau pada daerah-daerah yang belum terpasang instalasi listrik. lampu ini berbentuk patromak dengan bahan bakar gas metana.